Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail, lets do right now,, Assalamualaikum sahabat AKP, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat, di postingan kali kita akan bahas gimana sih cara yang benar ngirim tugas lewat email.
Kalian pernah gx sih kenal sama seorang guru yang kalo tugas disuruh di email, aku yakin pasti pernah ngalamin, dan kali ini,, aku pelaku guru tsb hhe. Berangkat dari keresahanku sebagai seorang pengajar, disaat menerima email dari siswa, sebagian besar masih menyamakan mengirim email itu sama kaya mengirim SMS atau WA, padahal itu sangat berbeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan kirim sebuah email.
Disuatu hari aku pernah ngobrol sama rekan kerja yang sebut saja dia sebagai personalia disebuah perusahaan, dia mengatakan “ini email kok balesnya kaya sms, dia pikir sama, masa gx tau cara bales email yang betul” kurang lebih begitulah kata katanya.
Disini aku dapat menarik kesimpulan bahwa sebetulnya jika ada teman atau sodara kita yang ngelamar  via email, mungkin bukan ijasahnya bukan keahliannya yang tidak menarik, tapi mungkin cara dia ngirim email yang salah, sehingga pihak HRD / Personalia, keburu males buka email tuh calon pelamar.
Maka dari ini saya kan berbagi cara yang betul mengirim email, khususnya ngirim tugas sekolah ke guru mata pelajaran, gx usah lama lama langsung ke tutorialnya
  1. Pertama kalian buka browser kalian, disini saya gunain google chrome
  2. Kemudian ketikkan gmail dikolom search bar
    Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
  3. Abis itu kalian login dengan akun gmail, saya asumsikan kalian sudah punya akun gmail
    Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
  4. Setelah masuk ke halaman gmail, kalian klik tanda plus + Compose
    Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
  5. Setelah itu bakal muncul halaman menulis email, dibaris paling atas ada “To” kalian isi dengan alamat email  tujuan
    Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
  6. Dibawah to ada namanya “Subject” nah ini yang wajib isi dan terkadang dianggap tidak penting, kalian wajib isi dengan judul dari email kalian, contoh ” Tugas Desain- Nasrul X MM” Karena ini yang pertama muncul di inbox si penerima email, sehingga penerima email sudah bisa mengetahui isi dan maksud dari email yang masuk.
    Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail

Selanjutnya dibawah subject ada kotak email, disini kita akan mengisi email layaknya membuat surat pada umumnya dari mulai pembuka sampai penutup surat.

Cara Yang Betul Ngirim Tugas Lewat E-Mail
 Diawali “kepada Yth” sampai dengan “ Hormat Saya (Best Regard)”, nah disini kalian silahkan jelaskan secara singkat dan jelas maksud kalian. Karena ini judulnya mengirim tugas maka jangan lupa kita tambahkan file / data yang akan dikirim dengan mengklik sisipkan data / attach file. Lalu pilih file yang kan dikirim, tunggu sampai proses uploading selesai, sebelum klik tombol Send, kita cek lagi tulisannya, kali aja kan ada yang typo taw salah ketik. Kalo udah yakin silahkan klik Send.


                Udah beres, semoga setelah postingan ini dibuat tidak ada lagi siswa atau siapapun itu yang mengirim email asal asalan. BTW itu tampilan email diambil dari laptop, jika kalian buka dari HP, perintahnya kurang lebih sama. Sperti biasa “hari kemarin adalah masa lalu, hari ini adalah anugerah dan hari esok adalah misteri..so lakukan yang terbaik untuk hari ini, karena belum tentu ada hari esok”, See u and Wassalam

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Artikel Terbaru

- Copyright © Seputar Dunia SMK - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -