Cara Yang Betul Ngirim
Tugas Lewat E-Mail,
lets do right now,, Assalamualaikum sahabat AKP, semoga kalian selalu dalam
keadaan sehat, di postingan kali kita akan bahas gimana sih cara yang benar ngirim tugas lewat email.
Kalian pernah gx sih kenal sama seorang guru
yang kalo tugas disuruh di email, aku yakin pasti pernah ngalamin, dan kali ini,,
aku pelaku guru tsb hhe. Berangkat dari keresahanku sebagai seorang pengajar,
disaat menerima email dari siswa, sebagian besar masih menyamakan mengirim
email itu sama kaya mengirim SMS atau WA, padahal itu sangat berbeda, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan kirim sebuah email.
Disuatu hari aku pernah ngobrol sama rekan kerja
yang sebut saja dia sebagai personalia disebuah perusahaan, dia mengatakan “ini
email kok balesnya kaya sms, dia pikir sama, masa gx tau cara bales email yang
betul” kurang lebih begitulah kata katanya.
Disini aku dapat menarik kesimpulan bahwa
sebetulnya jika ada teman atau sodara kita yang ngelamar via email,
mungkin bukan ijasahnya bukan keahliannya yang tidak menarik, tapi mungkin cara
dia ngirim email yang salah, sehingga pihak HRD / Personalia, keburu males buka
email tuh calon pelamar.
Maka dari ini saya kan berbagi cara yang betul
mengirim email, khususnya ngirim tugas sekolah ke guru mata pelajaran, gx usah
lama lama langsung ke tutorialnya
- Pertama kalian buka browser kalian, disini saya
gunain google chrome
- Kemudian ketikkan gmail dikolom search bar
- Abis itu kalian login dengan akun gmail, saya asumsikan kalian sudah punya akun gmail
- Setelah masuk ke halaman gmail, kalian klik tanda plus + Compose
- Setelah itu bakal muncul halaman menulis email, dibaris paling atas ada “To” kalian isi dengan alamat email tujuan
- Dibawah to ada namanya “Subject” nah ini yang wajib isi dan terkadang dianggap tidak penting, kalian wajib isi dengan judul dari email kalian, contoh ” Tugas Desain- Nasrul X MM” Karena ini yang pertama muncul di inbox si penerima email, sehingga penerima email sudah bisa mengetahui isi dan maksud dari email yang masuk.
Selanjutnya dibawah subject ada kotak email,
disini kita akan mengisi email layaknya membuat surat pada umumnya dari mulai
pembuka sampai penutup surat.
Diawali “kepada Yth” sampai dengan “ Hormat Saya (Best
Regard)”, nah disini kalian silahkan jelaskan secara singkat dan jelas maksud
kalian. Karena ini judulnya mengirim tugas maka jangan lupa kita tambahkan file
/ data yang akan dikirim dengan mengklik sisipkan data / attach file. Lalu pilih file yang kan dikirim, tunggu sampai proses
uploading selesai, sebelum klik
tombol Send, kita cek lagi
tulisannya, kali aja kan ada yang typo taw salah ketik. Kalo udah yakin
silahkan klik Send.